Berikut ini adalah contoh tujuan pembelajaran (TP) yang didapatkan dari proses merinci deskripsi capaian pembelajaran (CP) mata pelajaran Matematika Fase E (kelas X) yang menggunakan Kurikulum Merdeka.
Capaian Pembelajaran:
Di akhir fase E, peserta didik dapat menggeneralisasi sifat-sifat bilangan berpangkat (termasuk bilangan pangkat pecahan). Mereka dapat menerapkan barisan dan deret aritmetika dan geometri, termasuk masalah yang terkait bunga tunggal dan bunga majemuk
Tujuan Pembelajaran:
- Peserta didik mampu menyatakan perkalian berulang suatu bilangan menjadi bentuk bilangan berpangkat
- Peserta didik mampu mengeneralisasi sifat–sifat bilangan berpangkat
- Peserta didik mampu menerapkan sifat–sifat bilangan berpangkat
- Peserta didik mampu merancang solusi dari masalah kontekstual yang berkaitan dengan bilangan berpangkat
- Peserta didik mampu menentukan suku ke-n dari suatu pola bilangan.
- Peserta didik mampu mengidentifikasi barisan aritmetika.
- Peserta didik mampu menentukan suku ke-n barisan aritmatika
- Peserta didik didik menentukan jumlah n suku pertama deret aritmatika
- Peserta didik mampu menyelesaikan masalah kontekstual yang berhubungan dengan barisan dan deret aritmatika
- Peserta didik mampu mengidentifikasi barisan geometri.
- Peserta didik mampu menentukan suku ke-n barisan aritmatika
- Peserta didik didik menentukan jumlah n suku pertama deret geometri
- Peserta didik mampu menyelesaikan masalah kontekstual yang berhubungan dengan barisan dan deret geometri
Tampilan dari https://kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id/
Capaian Pembelajaran:
Di akhir fase E, peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear tiga variabel dan sistem pertidaksamaan linear dua variabel. Mereka dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat (termasuk akar imajiner), dan persamaan eksponensial (berbasis sama) dan fungsi eksponensial.
Tujuan Pembelajaran:
- Peserta didik mampu mengidentifikasi sistem persamaan linear tiga variabel
- Peserta didik mampu menyelesaikan sistem persamaan linear tiga variabel
- Peserta didik mampu menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan sistem persamaan linear tiga variabel
- Peserta didik mampu mengidentifikasi sistem pertidaksamaan linear dua variabel
- Peserta didik mampu menentukan daerah penyelesaian sistem pertidaksamaan linear dua variabel
- Peserta didik mampu menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan sistem pertidaksamaan linear dua variabel
- Peserta didik mampu mengidentifikasi persamaan kuadrat.
- Peserta didik mampu menentukan akar-akar persamaan kuadrat.
- Peserta didik mampu menentukan jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat.
- Peserta didik mampu menyusun persamaan kuadrat baru menggunakan jumlah dan hasil kali akar-akarnya.
- Peserta didik mampu mengidentifikasi fungsi kuadrat.
- Peserta didik mampu menggambar grafik fungsi kuadrat.
- Peserta didik mampu menginterpretasikan karakteristik grafik fungsi kuadrat.
- Peserta didik mampu menentukan selesaian persamaan eksponensial.
- Peserta didik mampu menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan persamaan eksponensial.
Masih ada dua capaian pembelajaran (CP) lagi selain yang telah saya contohkan di atas untuk mata pelajaran Matematika Fase E Kurikulum Merdeka. Bapak-Ibu bisa berdiskusi di kolom komentar agar bisa saling memperkaya pengetahuan.
0 Comments