Hutan Pinus Loji Lereng Kelud, Sensasi Piknik Asyik di Blitar Utara

Jika kamu sedang berada di Kabupaten Blitar khususnya wilayah timur-utara, dan kebetulan sedang mencari tempat untuk healing tipis-tipis, Hutan Pinus Loji Lereng Kelud adalah salah satu pilihan yang sayang untuk dilewatkan. Sesuai dengan namanya, Hutan Pinus Loji ini merupakan kawasan wisata berupa hutan pinus yang menawarkan sensasi sejuk khas pegunungan untuk menyegarkan pikiran.

Secara administratif, wisata Hutan Pinus Loji Lereng Kelud terletak di Desa Tulungrejo, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar. Beberapa tahun terakhir, kawasan yang dulunya sekadar menjadi titik awal pendakian Gunung Kelud ini mulai menjadi destinasi wisata yang cukup diperhitungkan.



Apa Saja yang Bisa Dilakukan di Hutan Pinus Loji Lereng Kelud?

Banyak hal yang bisa kamu lakukan di area wisata Hutan Pinus Loji. Mau duduk-duduk saja sambil ngadem dan foto-foto? Bisa. Kamu bisa memanfaatkan gazebo atau menggelar tikar di rerumputan karena banyak area yang landai.

Mau berkemah? Bisa banget. Mau nge-grill asik bersama teman-teman atau keluarga? Nah, ini sih yang paling saya rekomendasikan. Tidak hanya bakar-bakar, kamu bisa juga memasak mie atau merebus air sendiri untuk membuat kopi atau teh hangat karena di kawasan wisata Hutan Pinus Loji ini tersedia banyak sekali keran air bersih. Tapi, alat dan bahannya silakan membawa sendiri. Dan untuk kamu yang malas repot, tenang saja karena banyak warung dan penjual makanan, kok.

Pada hari-hari tertentu, kamu juga bisa keliling area wisata Hutan Pinus Loji dengan naik ATV yang memang tersedia untuk disewakan kepada pengunjung.

Fasilitas di area wisata Hutan Pinus Loji cukup lengkap. Parkiran luas, baik untuk motor maupun mobil. Toilet tersedia di beberapa titik, musala ada, lengkap dengan mukena, tapi saya sarankan untuk membawa mukena sendiri untuk menghindari antrian.

Bagaimana Rute Menuju Hutan Pinus Loji Lereng Kelud?

Untuk menuju Hutan Pinus Loji, tidak tersedia transportasi umum, sehingga kamu harus membawa kendaraan pribadi.

Dari perempatan Gurit-Babadan di Wlingi, ambil arah utara menuju Semen/Krisik/Batu. Kamu tinggal lurus saja mengikuti jalan raya kurang-lebih sejauh 12 km. Dalam perjalanan, kamu akan melintasi beberapa desa. Beberapa landmark yang mungkin bisa kamu jadikan acuan adalah SPBU Maguan di Desa Soso, SMP Negeri 1 Gandusari, Pasar Desa Semen, dan Rest Area Bantaran--kamu akan menemukan tulisan besar "Bantaran" di tebing sebelah kiri sekitar 10 km menempuh perjalanan dari Wlingi.

Beberapa saat setelah melalui Rest Area Bantaran, jalan utama akan berbelok ke kanan. Nah, untuk menuju Hutan Pinus Loji, ambil arah kiri. Jangan khawatir, ada papan petunjuknya, kok.

Berapa Harga Tiket Masuk Wisata Hutan Pinus Loji?

Terakhir kali saya mengunjungi Hutan Pinus Loji pada tanggal 21 Januari 2023, harga tiket masuk adalah Rp10.000,- per orang dan tarif parkir Rp3.000,- per motor.

***

Tertarik untuk merasakan sensasi ngadem di area wisata Hutan Pinus Loji? Gaskeun, tapi pastikan untuk berangkat pagi-pagi karena siang menjelang sore, kawasan ini biasanya sudah diguyur hujan.

Selamat berlibur~


Post a Comment

0 Comments